Potensi Rumput Laut Wailawar Kabupaten Alor

Selain bercocok tanam masyarakat yang berada di Kabupaten Alor dengan cara menggantungkan hidupnya juga membudidayakan rumput laut sebagai penghasilan alternatif. Salah satu contohnya yang berada di Desa Wailawar, Kecamatan Pantar, Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur.


Kemudian daripada itu, saat laut surut masyarakat mulai membawa bibit yang sudah mereka ikat secara individu ataupun kelompok. Kemudian itu bibit yang sudah mereka ikat di bawa ke-lokasi ataukah yang sudah cukup waktu untuk mereka panen, namun pada saat musim gelombang tiba banyak rumput laut yang terbawa arus, saat itu masyarakat mulai mencari rumput laut yang terbawa arus yang sampai ketepi pantai, namun itu tidak lama paling pada bulan bulan februari musim gelombang.


kemudian itu, setelah di panen dan dikeringkan, setelah itu di ekspor keberbagai wilawaya Indonesia yaitu, Kupang, dan Makassar, bukan hanya di wilaya Indonesia tetapi, sampai kemanca Negara yaitu, Jepang. rumput laut bisa di olah menjadi Makanan seperti Permen, Roti,dan Minuman ( jus buah, bir dan minuman ringan)






Manfaat mengonsumsi rumput laut untuk kesehatan
  • Kaya akan vitamin. Rumput laut dikenal sebagai makanan sehat karena mengandung vitamin A, vitamin B 12, kalsium, zat besi, kalium, dan yodium. ...
  • Menjaga kesehatan tiroid dan hormon lainnya. ...
  • Kaya akan serat. ...
 Inilah hasil produksi dan manfaat rumput laut, semoga bermanfaat.



Muhajirin Usman Pao

0 komentar:

Posting Komentar