Berbakti Kepada Orang Tua Tugas Seorang Anak

Hidup ini masing-masing memiliki jalan untuk sukses, namun salah satu alternatif adalah berbakti kepada ornag tua kita, setiap orang tua selalu mau yang terbaik bagi seorang anak, entah harus bagaimana caranya ia selalu berusaha untuk sukses

“Allah telah menyuruh supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.” (QS al-Isra’ : 23).

Kewajiban seorang anak dalam agama menjelaskan bahwa wajib kita berbuat baik kepada kedua orang tua kita, rasa terimakasih kepada mereka belum cukup untuk membalas sebagamana diwaktu kita masih kecil, sebagaimana 

 “Menyembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu.Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri,” (QS an-Nisa’ : 36)

 “Allah memerintah kamu untuk berbuat baik dan Berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang Berlaku adil.” (QS al-Mumtahanah : 8).

Berbakti kepada kedua orang tua kita, walaupun berbeda agama asalkan kamu berlaku adil, untuk taat selagi itu tidak melanggar agama.
  “jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik,” (QS Luqman : 15).


Berbakti kepada mereka walaupun kedua berbeda agama, Al-Qurthubi rahimahullah berkata, “Ayat ini merupakan dalil berbakti kepada kedua orang tua padahal mereka masih kafir dengan cara memberikan harta kepada mereka saat mereka dalam keadaan fakir, berkata lembut, dan mengajak mereka untuk masuk Islam dengan lembut.”(12)

Semoga Bermanfaat

Muhajirin Usman Pao

0 komentar:

Posting Komentar